Kumpulan Permainan ( Game ) dalam Outbound – Team Building

Kumpulan game Outbound ( Team Building )


Ice Breaking Games Big Group
Fire In The Hole     
Seorang energizer atau fasilitator akan bercerita  kepada seluruh peserta seakan2 sedang berada pada medan perang (diiringi melodi dan nuansa musik dan sound perang). Energizer tadi akan berlaku seorang komandan perang dan jika komandan ini memberikan perintah FIRE IN THE HOLE ! maka seluruh peserta harus meledakan balon udara dengan cara berpasang-pasangan dengan memakai punggung sendiri dan teman pasangannya.
Untuk memeriahkan suasana biasanya energizer atau fasilitator akan memberikan perintah “pelesetan” seperti  Fire In The Home ! dan lain sebagainya.

Samson dan Delilah
Permainan ini berkisar pada kisah Samson dan Delilah dan singa. Peserta dibagi menjadi dua tim dan berdiri dalam dua baris, dengan punggung mereka ke tim lain. Setiap tim memutuskan apakah mereka akan Samson, Delila atau singa, tanpa memberitahu tim lain. Mereka berbalik untuk menghadapi tim lain dan gaya tindakan mewakili siapa mereka. Misalnya, pose seksi bisa mewakili Delilah, menegangkan otot-otot bisa Samson, dan raungan ganas bisa mewakili singa. Delila mengalahkan Samson, Samson mengalahkan singa, dan singa kekalahan Delilah. Kadang-kadang, kelompok tidak akan mengalahkan yang lain karena mereka akan baik memilih untuk hal yang sama!

Ice Breaking Games Small Group
Balloon Toss a Name
Dengan menggunakan balon yang diisi air setiap peserta diharuskan menyebutkan nama nya dengan lantang. Setelah semuanya dapat giliran, fasilitator akan menambahkan proses pengenalan seperti umur, status, hobi. Etc.

Everybody Stand Up

Dimulai dari 2 orang, setiap peserta harus mencoba kemampuan diri dan kelompok kecilnya untuk bekerjasama berdiri dengan posisi secara bersama2 dari sikap duduk sampai dengan berdiri. Setelah dirasa mampu, maka fasilitator akan menambahkan peserta lainnya satu demi satu, sehingga pada akhirnya semua peserta akan serentak berdiri bersama2 membangun suatu tujuan, yaitu KEBERSAMAAN.

Trust and Emphaty Fun Game
Blind Leader
Bentuk Permainan: Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta ditutup matanya, kecuali yang ditunjuk sebagai leader, mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan leader, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Orang yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana seorang bisa tampil sebagai pemimpin (leader) dan bagaimana rasanya dipimpin orang lain. Saling percaya antar sesama divisi dalam perusahaan.

Tujuan: Kepemimpinan, komunikasi satu arah, konsentrasi dan untuk melatih keseimbangan otak peserta.
Human Ladder
Bentuk Permainan: Peserta berpasangan berhadap-hadapan dan berdiri sejajar. Setiap pasangan memegang kayu (ukuran 1-1,5 m), dan berdiri berjajar membuat seperti anak tangga. Ketinggian bisa bervariasi. Peserta akan menaiki anak tangga yang dipegang oeh temannya. Peserta yang telah dilewati menuju ke depan untuk membuat anak tangga berikutnya.
Tujuan:   Berani menerima tantangan dan membentuk kepercayaan yang teguh kepada anggota timnya.

De-Inhibitizer Fun Game

TITANIC (folding carpet)
Bentuk Permainan: Jenis games ini dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik  atau kain yang ukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang ingin diberikan, lebih banyak peserta maka dibutuhkan karpet yang lebih luas.
Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut, kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut. Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah, jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal melakukan tugasnya.
Tujuan:  Berstrategi di dalam membagi kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan tim.
Tujuan permainan : Kerjasama team, mengatur cara kerja yang efektif, pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat, kekompakan antar anggota team.
Rumah Sesat
Bentuk permainan:  Akan disediakan labirin berbentuk persegi panjang seukuran 1 m x 1m. Dimana labirin ini sudah diberikan lubang seukuran bola pimpong. Disekeliling labirin ini terurai tali untuk dikalungkan ke leher. Peserta bertugas untuk mengeluarkan 2 buah bola pimpong tanpa menggunakan tangan dan bahasa non verbal (tidak boleh berbicara)
Tujuan permainan : Selain yang anda telah sebutkan tadi ada hal lain yang bisa kita ambil benang merahnya dari permainan  ini, tadi sewaktu melakukan permainan kita harus bersama-sama memiliki pemahaman dan komitmen proses dan prosedur yang sama dan serupa,yaitu tidak selamanya semua harus diatas adakalanya anda harus bergantian dengan yang lain, perintah tidak harus datang dari atasan karena apabila kita lihat ke dalam labiryn dinding2 yang ada sering mengecoh persepsi kita, sehingga apabila ada orang lain yang meskipun lebih rendah jabatannya namun memiliki pendapat/usulan sebaiknya kita tampung terlebih dahulu.

Problem Solving Game
Toxic Waste / Moving Bomb
Bentuk Permainan: Kelompok berusaha memenuhi ember besar yang diletakkan ditengah lingkaran racun dengan menggunakan ember kecil. Cara menuangkannya, ember yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan. Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan.
Tujuan: Menggali nilai-nilai dasar integritas. Dalam permainan ini banyak sekali peluang dimunculkannya sifat tidak jujur (cheating). Observer kami akan memantau tanpa peserta sadari yang kemudian akan di bawa kedalam sesi de-brief dan general review.
Escape From Alcatraz
Bentuk Permainan: Peserta diharuskan mengingat setiap langkah pada labirin step, yang kemudian informasi ini disampaikan kepada anggota timnya, sehingga terhindar dari jebakan penjara. Pada permainan ini ada seorang fasilitator yang bertugas menjadi kepala sipir, sehingga apabila ada salah satu anggota yang terjebak pada perangkap maka ia akan dipenjara. Point plus akan diberikan kepada kelompok yang paling banyak keluar dari area penjara ini.
Tujuan: Strategi, komunikasi and brain development atau daya ingat. Melatih peserta untuk membuat strategi out of the box. Permainan ini akan membawa peserta pada lingkup kesulitan yang tinggi tetapi sebenarnya pemecahan permasalahannya adalah sangatlah sederhana.

JENIS-JENIS PERMAINAN OUTBOUND
Dalam rangka penerimaan ambalan pangkalan SMK Negeri 8 Semarang mengadakan Kemah Bakti Pramuka di Perkemahan Tuk Mumbul Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Kemah bakti tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan permainan. Pada tulisan kali ini saya akan bercerita macam-macam permainan yang bisa dilakukan untuk bermacam tujuan. Oke kita mulai permainan pertama adalah :
Blind Walk
Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup (kecuali ketua kelompok) mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan ketua kelompok yang berjalan paling belakang, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Kelompok yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana kelompok mengatur strategi dan melatih kedisiplinan serta kerjasama kelompok.
Pipa Bocor
Tujuan permainan ini adalah mengatasi berbagai masalah.
Alat bantu dalam permainan ini meliputi pipa bocor, penyangga, ember, gelas aqua, bola pimpong.
Prosedur dalam permainan ini adalah :
Masing-masing kelompok diminta berlomba mengeluarkan bola pimpong yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air.
Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan gelas aqua yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah kerjasama kelompok, strategi menyelesaikan masalah dan kepemimpinan.
Evakuasi Bambu
Tujuan permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif.
Alat bantu yang digunakan adalah bambu, air, tali dan bola pimpong
Prosedur dalam permainan ini adalah :
Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
Cara menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
Bagaimana langkah peserta dalam melaksanakan tugas ini
Strategi apa saja yang peserta gunakan untuk menyelesaikan tugas ?
Mampukan mereka bekerjasama dengan baik ?
Siapakah yang mampu memimpin dan berkomunikasi dengan baik ?

Temukan artikel-artikel kami seperti dibawah ini:

Outbound Jakarta, outbound bandung, outbound puncak, team building, character building, permainan-permainan outbound, permainan-permainan team building, paket menarik outbound, games menarik outbound, lingkup outbound, definisi outbound, fasilitator dalam outbound, safety di dalam outbound, perkembangan outbound di Indonesia, perkembangan outbound di Jakarta, perkembangan outbound di bandung, perkembangan outbound di puncak, persiapan di dalam melaksanakan outbound, tips dan trik outbound