Character Building Program

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Mental Development Program - Trivi Outbound Jakarta
Mental Development Program

CHARACTER BUILDING PROGRAM

OUTBOUND TRAINING CHARACTER BUILDING. Karakter adalah pola perilaku yang didasari dimensi moral, yang menentukan kemampuan seseorang untuk mengatasi secara efektif situasi sulit, berbahaya atau tidak nyaman. Karakter menuntut kepekaan diri dan lingkungan, kecerdasan otak, kepekaan nurani, kecerdasan dalam merespon, serta kondisi fisik yang prima.

Membangun karakter menjadi fokus kami dalam upaya memberikan nilai kepribadian yang positif terhadap peserta outbound. Dengan pendidikan karakter ini diharapkan peserta akan mampu menjalankan tugas atau menyelesaikan tantangan kerja dalam perusahaan dengan menerapkan nilai kualitas hidup yang baik dan mampu bersikap positif, terbuka, penuh percaya diri dan optimis.

 

Tujuan Program Outbound CHARACTER BUILDING :

  • Memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan lingkungan sehingga mampu mengendalikan situasi dalam keadaan apapun ( Self Maastery).
  • Mengenali potensi diri dan berupaya mengembangkan potensi tersebut menjadi nyata dalam kepribadian (Discovering the Potencial Power in You)
  • Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, menganalisa, dan memetakan konflik yang terjadi serta meningkatkan kemampuan dalam memberikan alternatif solusi sebuah masalah ( Conflict Resolution & Prolem Solving).
  • Membangun komitmen terhadap diri sendiri dan organisasi dan mampu menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam menyelesaikan tantangan kerja
  • Meningkatkan semangat kerja, kreatifitas, dan hasil karya dalam upaya menjadi pribadi yang lebih baik dan berusaha memberikan efek positif terhadap orang lain.

 

PAKET Program Program Outbound CHARACTER BUILDING:

  • Outbound Training Tiga (3) Hari Dua (2) Malam / Outbound 3 days 2 nights
  • Outbound Training Duapuluh Satu (21) Hari
  • Sesuai dengan permintaan dan kesepakatan

 

LOKASI Program Outbound CHARACTER BUILDING:

Tim kami akan mendesain Program Outbound CHARACTER BUILDING dengan kemasan yang menarik, spesial, dan menantang yang menitik beratkan pada nilai manfaat dan petualangan. Seluruh program kegiatan outbound dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.

 


CHARACTER BUILDING 

Training Itinerary

Opening Ceremony

Upacara pembukaan dilakukan untuk menandakan peserta bahwa kegiatan pelatihan telah resmi dilaksanakan. Pembukaan acara pelatihan ini biasanya dilakukan oleh pihak direksi dan project leader. Seluruh peserta dan panitia akan dipandu oleh seorang pelatih Marinir. Dua orang peserta pelatihan akan menerima tanda peserta simbolis dari project leader sebagai simbol kegiatan pelatihan telah resmi dimulai. Upacara pembukaan ini menjadi sangat penting untuk menyampaikan dan juga mengingatkan peserta tujuan pelatihan, visi-misi dan nilai-nilai perusahaan, dan tata tertib pelatihan, dan sesi perkenalan tim pelatih kepada peserta


Zero Condition

Peserta dibagi menjadi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 10-12 orang per kelompok. Fasilitator akan memandu peserta ke tempat yang nyaman untuk melakukan briefing kegiatan Zero Condition. Kegiatan ini menjadi sangat penting karena bertujuan untuk membuka hati dan pikiran peserta untuk dapat menerima materi pelatihan dengan baik mulai hari pertama sampai hari teakhir. Metode yang digunakan adalah metode dari Johari Window dengan beberapa permainan ringan yang memberikan efek ‘Aha!’ pada peserta. Efek ‘Aha!’ ini akan sangat membantu memotivasi peserta agar dapat menemukan cara dan nilai-nilai yang tersembunyi dalam setiap tantangan yang di berikan


Candle Guard

Selepas melakukan Zero Condition dan Perjalanan, peserta akan dipersilahkan untuk istirahat dan melakukan Individual Body Maintenance. Setelah makan malam seluruh peserta akan dikumpulkan di titik start kegiatan Candle Guard. Kegiatan yang bertujuan untuk membangun kehangatan antar individu, mendekatkan diri satu sama lain, dan membangun komunikasi yang baik dengan cara berkomitmen satu sama lain. Peserta akan membawa lilin masing-masing dari titik start samapai titik finish api unggun. Lilin kecil dari peserta akan diterima oleh perwakilan internal perusahaan sebagai bentuk simbolis semangat para peserta yang disatukan menjadi sebuah semangat perusahaan. Masing-masing peserta akan diminta untuk menyampaikan testimoni dan juga harapan untuk pribadi dan perusahaan. Kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan review kegiatan di hari pertama.


Rotation / Dynamic Challenges

Bagian ini merupakan inti dari seluruh tantangan dalam pelatihan. Permainan yang membutuhkan ruang gerak yang cukup luas dan juga kecepatan perpindahan dari satu pos ke pos lainnya. peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok (sesuai dengan kebutuhan dan pembagian usia, divisi, gender) melalui sebuah permainan sederhana yang di pandu oleh Energizer. Energizer  bertugas menjaga semangat seluruh peserta pelatihan selama kegiatan berlangsung. Setiap anggota dalam kelompok harus bekerjasama satu sama lain untuk menyelesaikan setiap tantangan atau permainan yang dipandu oleh fasilitator. Permainan disini merupakan alat bantu untuk proses individual and group assessment yang dilakukan oleh tim asesor maupun tim internal.Alat bantu permainan bisa disesuaikan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan akan nilai-nilai perusahaan. Biasanya tantangan yang dipilih sesuai dengan target yang ingin dicapai seperti contohnya; kerjasama, disiplin, kerapihan, kepatuhan, perencanaan, dsb.


Water Challenges

Seluruh peserta akan memulai perjalanan menuju tantangan berikutnya. Perjalanan dimulai dari basecamp ke titik start penyeberangan. Semua peserta akan menerima briefing tantangan dari Fasilitator Pelepas. Peserta akan melakukan 2 kali penyebrangan di Danau, Penyebrangan Ponco, dan Penyebrangan Tali. Tantangan ini dinilai mampu membuat peserta mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk mengalahkan rasa takut dan memberikan pengalaman yang mengesankan yang mungkin tidak akan dilakukan jika bukan pada saat tersebut.


Soloing Camp

Peserta di bekali ponco, tali rafia, beberapa buah pasak, dan tiang bambu untuk berkemah. Peserta akan membuat kemah sederhana untuk dirinya sendiri di tengah hutan. Mereka akan tidur, masak, dan mengurus keperluan lainnya secara induvidual. Panitia akan tetap berjaga di area camp. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan waktu pada peserta untuk merefleksikan diri dan juga merefleksikan kegiatan yang telah dijalani selama dua hari ini. Peserta bertanggungjawab penuh atas dirinya sendiri pada malam itu


Final Project / Raft Building

Peserta akan diinstruksikan membuat rakit bersama kelompoknya. Bahan bahan yang disediakan adalah bambu, tong, dan tali temali. Peserta harus mampu bekerjasama dengan seluruh anggota kelompoknya agar dapat menyebrangi danau dengan rakit yang mereka bangun. Setiap kelompok akan diberikan insruksi untuk menyelesikan tantangan akhir ini dengan baik, benar, dan juga aman untuk semua anggota yang menaikinya. Tantangan ini sifatnya merupakan kompetisi antar kelompok yang berupa pengarungan kelompok menggunakan rakit yang dibuat sendiri. Nilai yang didapatkan; goal oriented, planning, spirit to the corps, winner mentality


Individual Report

Selama kegiatan berlangsung, tim asesor kami melakukan penilaian kepada setiap peserta. Penilaian ini dilakukan pada setiap rangkaian kegiatan. Hal ini meliputi penilaian interaksi antar individu, antar kelompok, dan juga individu dengan fasilitator. Seluruh feedback dari peserta dan fasilitator akan di catat oleh tim asesor. Untuk memperkaya hasil, tim pelatih dan asesor akan melakukan evaluasi setiap harinya untuk menyamaratakan informasi. Suluruh hal yang suda tercatat akan di kumpulkan untuk kemudian dibuat laporan tertulis yang akan diserahkan kepada pihak perusahaan sebagai bentuk evaluasi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.