Outbound Untuk Anak

Kegiatan outbound anak yang umumnya menggunakan jembatan tali, flying fox, dan aneka permainan mulai bergeser menjadi aktivitas di pedesaan. Meskipun biaya kegiatan itu relatif lebih mahal dibandingkan outbound biasa, jumlah peminatnya tak sedikit. lihat juga Outbound Sukabumi

Hal tersebut dikatakan oleh Kurnia Fajar, Managing Director Camp Hulu Cai, di Bandung, Senin (25/5). Kurnia mengungkapkan, pihaknya menyiapkan outbound dengan tema pulang kampung pada liburan sekolah mendatang. Biaya setiap peserta sebesar Rp 850.000 untuk program selama dua hari dengan jumlah peserta minimal 50 orang.

Program untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama itu diawali pagi hari dengan jalan kaki ke pancuran untuk mandi. Kegiatan dilanjutkan dengan membajak sawah menggunakan traktor atau kerbau. Setelah itu, aktivitas lainnya membuat kerajinan tangan, mengumpulkan cacing untuk umpan ikan, dan memancing.

Camp Hulu Cai terletak di Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Lokasi outbond itu berjarak 75 kilometer (km) dari Jakarta atau dua jam dengan kendaraan pribadi. Dari Bandung, lokasinya berjarak 123 km atau tiga jam perjalanan.

Tak ubahnya Camp Hulu Cai, konsep liburan di Sari Ater Subang pun begitu. Menurut Faisal Nafai, Manajer Pemasaran Sari Ater Subang, bentuk outbound yang tengah disiapkannya jelang liburan mendatang adalah Kids Adventure Camp. Kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak tersebut dilakukan seperti halnya nuansa kehidupan di desa, antara lain menanam benih padi dan membajak sawah.

Untuk program tersebut, tiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp 325.000. Hanya, maksimal jumlah peserta yang dapat ikut serta dibatasi hingga 75 orang.

Tingginya minat anak-anak mengikuti outbound khas pedesaan itu diindikasikan dari Kids Adventure Camp yang sudah dilakukan keempat kalinya pada tahun 2009. Sari Ater Subang terletak di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sumber :KOMPAS